Pembukaan Sekolah Pasar Cokrokembang

Pembukaan Sekolah Pasar di Pasar Cokrokembang, Klaten, berjalan lancar dan diikuti dengan penuh antusias oleh para pedagang. Selain menghadirkan para pedagang, pembukaan sekolah pasar ini juga dihadiri oleh Bapak Anwar dari Kementerian Perdagangan, Bapak Antonius Suhirman selaku lurah pasar, Bapak Awan Santosa selaku Direktur Sekolah Pasar, dan para pengurus Sekolah Pasar.

Acara pembukaan dimulai dengan peresmian Sekolah Pasar Cokrokembang oleh bapak Anwar, kemudian dilanjutkan oleh sambutan dari bapak Awan Santosa, dan pengenalan para personil pengurus Sekolah Pasar. Acara dilanjutkan dengan pengenalan para pedagang yang mengikuti Sekolah Pasar dan pengungkapan harapan para pedagang dalam mengikuti Sekolah Pasar. Mayoritas pedagang antusias menyambut adanya sekolah pasar di Pasar Cokro Kembang ini. Mereka berharap usaha mereka semakin maju dan barang dagangan mereka semankin laris.

Topik inti yang dibahas pada pembukaan sekolah pasar tersebut adalah pengenalan tentang sekolah pasar yang disampaikan oleh Bapak Puthut Indroyono. Penyampaiaan topik dilakukan dengan komunikasi dua arah dengan menerima pertanyaan-pertanyaan para pedagang. Terlihat Pak Mulyono dan Muhson (Los Pedagang Klithikan) serta Pak Sulistiyo (Los Pedagang Kelontong) mempunyai rasa ingin tau yang tinggi terhadap sekolah pasar. Mereka bertanya tentang kontribusi sekolah pasar di pasar-pasar sebelumnya. Pada kesempatan tersebut Pak Puthut juga menyampaikan kontrak belajar bagi pedagang sampai berakhirnya sekolah pasar.

Pembukaan Sekolah Pasar Cokrokembang ini merupakan awal perjuangan untuk memajukan pasar cokro kembang dan meningkatkan kesejahteraan para pedagang di dalamnya. Antusiasme yang terlihat dari pedagang pada acara pembukaan ini diharapkan akan terus berlanjut hingga akhir periode Sekolah Pasar Cokrokembang.

Sumber: Sekolah Pasar di Pasar Cokrokembang, 2012

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram