PembukaanSPRGrabag

Pembukaan Sekolah Pasar Grabag

Untuk mengawali Program Sekolah Pasar Grabag, dilakukan acara pembukaan Sekolah Pasar Grabag. Acara berlangsung cukup meriah, dihadiri oleh kepala Disperindagkop Purworejo, perwakilan dari Kementrian Perdagangan, Direktur Sekolah Pasar, dan segenap pedagang pasar di Pasar Grabag, Purworejo. Pembukaan Sekolah Pasar Grabag juga merupakan Kelas Perdana Pembukaan Sekolah Pasar Grabag

Materi yang di angkat adalah, Sejarah Pasar Tradisional di Nusantara. Bertindak sebagai pemateri dalam Kelas Perdana Sekolah Pasar Grabag ini adalah Awan Santosa, S.E., M.Sc. yang juga menjabat sebagai Direktur Sekolah Pasar.

Acara pembukaan ini diikuti dengan pendataan kembali para pedagang baru yang berminat dan mendaftarkan diri sebagai peserta Sekolah Pasar Grabag. Terdata sekitar 47 pedagang yang mendaftarkan diri sebagai peserta program kelas sekolah pasar. Beberapa pedagang lain juga ada yang ingin bergabung, namun terkendala teknis seperti tidak ada yang menggantikan menjaga dagangan sehingga mendengar kelas dari kios masing-masing.

Awal kelas dimulai dengan pelajaran sejarah, guna mengingatkan kembali masa kejayaan pasar tradisional dan peran vitalnya dalam lahirnya republik ini. Kemudian dijelaskan juga posisi pasar tradisional saat ini guna menyadarkan kepada para pedagang pasar akan pentingnya perubahan pasar tradisional ke arah yang lebih baik sesuai dengan kebutuhan zaman.

Sumber: Sekolah Pasar di Pasar Grabag, 2012

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram