Pasar rakyat memiliki posisi yang strategis di Indonesia. Peran strategis tersebut antara lain adalah (1) sebagai tumpuan hidup bagi jutaan pedagang, pemasok, dan lain-lain; (2) sebagai jalur distribusi barang-barang kebutuhan masyarakat; (3) salah satu tempat rujukan dalam menentukan tingkat harga; dan (4) sebagai tempat untuk melakukan dan melestarikan interaksi sosial budaya dalam masyarakat.
Indonesia memiliki 14.182 unit pasar rakyat (BPS, 2018). Jika mampu dikelola dengan baik maka akan menjadi salah satu tiang utama dalam pembangunan. 14.182 adalah jumlah yang besar yang menyimpan potensi besar sekaligus sederet tantangan dan masalah.
Sekolah Pasar mengelompokkan potensi dan masalah yang dihadapi oleh pasar rakyat dalam tiga aspek yakni intelektual (sumber daya manusia), institusional (kelembagaan), dan material (sarana prasarana, teknologi, bisnis, dll). Sekolah Pasar adalah program yang bertujuan untuk mengembangkan kapasitas pasar rakyat dalam tiga aspek tersebut. Kegiatan utama dalam program ini adalah penelitian, pendampingan, dan. pelatihan.
Simak penjelasan mengenai Sekolah Pasar melalui video ini.