Penguatan Ketahanan Ekonomi Desa, PSEK UGM Luncurkan SPD

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com – Pusat Studi Ekonomi Kerakyatan (PSEK) UGM meluncurkan program unggulan yang dinamakan Sekolah Pasar Desa (SPD). Ini sebagai salah satu strategi penguatan ketahanan ekonomi desa di era normal baru.

“Di tengah pandemi banyak tantangan yang harus dihadapi oleh pasar. Berangkat dari itu kami mengembangkan pasar sebagai salah satu bagian penting, sebagai simbol demokrasi ekonomi dan simbol ekonomi kerakyatan di Indonesia,” ucap Dr Hempri Suyatna, anggota Tim Ahli PSEK UGM, kemarin.

Pasar menurutnya merupakan tempat strategis yang menjadi simpul perekonomian rakyat. Sektor pertanian dan jasa juga bergantung pada eksistensi pasar desa. Dalam Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 14 Tahun 2020, pasar desa disebut memiliki tiga fungsi bagi masyarakat desa, meliputi sebagai penggerak roda ekonomi desa yang mencakup bidang perdagangan, industri ataupun jasa.

Pasar desa juga memiliki fungsi sebagai ruang publik karena sebagai pasar tradisional bukan sekadar menjadi tempat jual beli tetapi juga ruang bertemunya warga desa dalam menjalin hubungan sosial. Fungsi ketiga adalah sebagai salah satu sumber Pendapatan Asli Desa.

Rentan Ancaman

Hempri mengungkapkan, di masa pandemi pasar menghadapi sejumlah tantangan, di samping mengalami kerentanan terhadap penularan Covid-19, juga kerentanan ancaman globalisasi dan liberalisasi yang mengancam eksistensi pasar sebagai roh perekonomian rakyat.

”Pasar desa di tengah kepungan liberalisasi, globalisasi, dan pandemi tidak dibiarkan berjuang sendiri. Semua pihak harus mengupayakan keberpihakan negara dan juga perguruan tinggi terhadap eksistensi pasar,” tandasnya.

Sekolah Pasar mengelompokkan potensi dan masalah yang dihadapi oleh pasar rakyat dalam tiga aspek yakni intelektual atau sumber daya manusia, institusional atau kelembagaan, dan material atau sarana prasarana, teknologi, bisnis, dan hal lainnya. Sekolah ini merupakan program yang bertujuan mengembangkan kapasitas pasar rakyat dalam tiga aspek tersebut. Kegiatan utamanya penelitian, pendampingan, dan pelatihan.

Wakil Rektor UGM Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, drg Ika Dewi Ana MKes PhD menyambut baik Sekolah Pasar Desa. Kegiatan ini menunjukkan penguatan ketahanan ekonomi di desa di era normal baru tidak bisa dilakukan tanpa kerja sama antara perguruan tinggi, pemerintah pusat dan daerah, UMKM dan industri, serta seluruh komponen masyarakat.

Sumber: Penguatan Ketahanan Ekonomi Desa, PSEK UGM Luncurkan SPD

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram