Pasar Kolombo

Pasar Kolombo adalah pasar kalurahan (pasar desa) yang dikelola oleh Pemerintah Kalurahan Condongcatur, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pasar desa ini menempati lokasi yang sangat strategis yakni di Jl. Kaliurang Km 7, Sleman. Berada di perkotaan dan wilayah padat penduduk membuat pasar desa ini tidak perlu terlalu khawatir dalam menggaet pelanggan.

Letaknya tepat berada di pinggir jalan besar serta dikelilingi oleh berbagai pusat perekonomian seperti rumah makan, restoran, coffeshop, dan tempat keramaian lainnya. Tempat-tempat ini mengandalkan Pasar Kolombo untuk mendapatkan bahan mentah dan keperluan lainnya dengan harga murah dan ketersediaan barang yang lengkap.

Pasar Kolombo adalah sebagian kecil pasar di DIY yang memiliki sejarah kemajuan pembangunan fisik yang cukup mengesankan. Pada tahun 2018 pasar ini telah melakukan revitalisasi bangunan dan perluasan lahan yang akhirnya digunakan untuk tempat parkir, mushola, dan kamar mandi. Pemerintah Desa membeli perluasan lahan tersebut dengan biaya 4 milyar demi fasilitas yang mampu menunjangi keperluan pembeli maupun pedagang dan pekerja pasar.

Perluasan lahan ini tidak hanya menguntungkan warga pasar dan pengunjung namun juga warga di sekitar pasar. Dengan adanya lahan parkir yang baru, lingkungan sekitar pasar menjadi tertib dan teratur. Hal ini berhubungan dengan keluhan warga atas kondisi jalan sekitaran pasar yang mengganggu kelancaran lalu lintas warga yang harus melewati pasar. Selain itu pemasangan rambu-rambu larangan parkir ditempatkan di beberapa titik yang paling sering membuat macet.

Penertiban juga tidak hanya dalam hal parkir namun juga tempat berjualan pada pedagang yang sebelumnya banyak di pinggir jalan yang akhirnya menyebabkan kemacetan, akhirnya berhasil dibujuk untuk menempati lapak-lapak yang sudah disediakan terutama setelah revitalisasi bangunan selesai dibangun.

Pasar Kolombo menjadi pasar yang hampir tidak memiliki jam istirahat. Sebelum subuh telah dipenuhi oleh para pedagang dan pembeli yang memenuhi pasar kemudian berlanjut hingga malam hari.

Pasar Kolombo di malam hari menjadi salah satu titik kuliner di Jalan Kaliurang, salah satu wilayah terpadat di Yogyakarta yang dipenuhi oleh warga maupun mahasiswa.

Sumber: Sekolah Pasar di Pasar Kolombo, 2020

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram