Pasar Dlingo

Pasar Dlingo mengalami beberapa kali perpindahan tempat. Pada awalnya pasar ini berada di pertigaan Jl. Imogiri Dlingo Km 17, lebih tepatnya disebelah timur pertigaan dan beberapa disisi baratnya. Luas wilayah Pasar Dlingo kala itu berkisar 1800 m2 dengan 11 kios dan 195 pedagang.

Pada tahun 2011 pasar berpindah ke sebelah utara Jl. Imogiri Dlingo. Pasar berpindah ke area yang luasnya kira-kira 1000 m2 dengan rincian los unit ukuran 12×4 dan total pedagang masih sama yaitu 195 pedagang. Pasar bertempat disana selama 2 tahun.

Pada tahun 2013 akhir pasar kembali dipindahkan ke Jl. Patuk Dlingo di sebelah barat kantor Kecamatan Dlingo, Koripan I RT 01. Pasar yang baru ini memiliki 48 los, 15 kios dan kantor pasar. Pasar juga dilengkapi dengan ruang MCK yang memadai. Pada saat ini total pedagang diperkirakan ada 200 orang.

Pasar Dlingo buka setiap hari Kliwon dan Pahing sesuai dengan hari penanggalan jawa. Dalam penanggalan Jawa terdapat lima hari (legi, pahing, pon, wage, kliwon) dan hanya 2 hari yang digunakan untuk berjualan. Sebagian besar pedagang juga berjualan di tempat lain.

Sumber: Sekolah Pasar di Pasar Dlingo, 2013

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram