Kelas Pasar 3 Sekolah Pasar Cokrokembang

Pertemuan kelas ketiga Sekolah Pasar di Pasar Cokrokembang dilaksanakan pada Rabu, 3 Oktober 2012. Pertemuan kali ini mendiskusikan tentang kewirakoperasian. Materi tersebut disampaikan oleh Ibu Isnaini yang pernah aktif berdagang di dalam pasar selama sebelas tahun¸ dan saat ini terbilang sukses mendirikan koperasi. Tujuan dari materi ini adalah agar pedagang mengetahui tata cara pendirian dan pengoperasian koperasi secara baik dan benar.

Sebelum memasuki pokok bahasan tentang koperasi, Bu Is, sapaan akrab Bu Isnaini, berusaha mengajak semua peserta untuk berkaca mengevaluasi diri masing-masing dalam berperilaku ekonomi. Ia mengingatkan prinsip kesederhanaan dalam beperilaku akan sangat menentukan kesuksesan dalam mengembangkan usaha/bisnis. Banyak orang yang sering terjerat utang karena perilaku konsumtif, lebih-lebih kaum wanitanya.

Masuk pada pokok materi, Bu Is menyampaikan pentingnya koperasi bagi para pedagang. Pada pembahasan tersebut Bu Is menekankan pada makna sejati koperasi yaitu merupakan suatu organisasi dimana berkumpulnya orang-orang yang memiliki visi misi yang sama untuk mencari solusi bersama atau jalan keluar dari suatu kesulitan.

Beliau juga mengungkapkan, koperasi yang dicita-citakan Bung Hatta adalah koperasi yang menciptakan kemakmuran yang adil dan merata untuk semua anggota. Maka dari itu Bu Is menekankan pendirian koperasi harus diniatkan dari awal untuk memupuk rasa kebersamaan dan untuk mencari kemakmuran bersama.

Sumber: Sekolah Pasar di Pasar Cokrokembang, 2012

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram