Kelas Pasar 1 Sekolah Pasar Potorono

Persiapan telah dilakukan sejak seminggu sebelumnya dengan dukungan dari pengurus Pasar Potorono yaitu Pak Yanto dan Pak Saidi. Beliau berdua membantu koordinasi tempat penyelenggaraan acara, peralatan, serta menyebarkan undangan untuk para pedagang. Berbagai persiapan teknis tersebut sangat membantu kelancaran pelaksanaan acara pembukaan pada 05 Oktober 2013 ini.

Pada pukul 13.30, acara yang dipandu oleh Wiwin Darmiyati mulai dibuka. Wiwin sebagai pembawa acara juga merangkap tugas sebagai pembawa kata sambutan mewakili Sekolah Pasar. Setelah itu kata sambutan juga dilanjutkan oleh perwakilan dari Disperindagkop Bantul dan pengurus koperasi.

Acara dilanjutkan dengan pengenalan tentang ekonomi kerakyatan, pengenalan serta visi dan misi Sekolah Pasar yang disampaikan oleh Istianto Ari Wibowo dan Awan Santosa. Istianto membuka materi pengenalan sekolah pasar dengan memberikan gambaran umum serta visi dan misi Sekolah Pasar dan juga sedikit mengenalkan para anggota tim Sekolah Pasar yang saat itu telah hadir di tempat. Materi dilanjutkan oleh Awan yang menjelaskan bahwa kehadiran Sekolah Pasar merupakan salah satu bentuk implementasi dari ekonomi kerakyatan.

Pembahasan dilanjutkan dengan kontrak belajar yang diisi oleh Dinmas Masyudin untuk menjelaskan jenis-jenis kegiatan berupa Kelas dan Klinik serta memutuskan waktu dan tempat untuk pelaksanaan kelas dan klinik di pasar potorono dari awal hingga akhir. Pada akhirnya telah disepakati secara bersama-sama bahwa pelaksanaan Kelas Sekolah Pasar Potorono dilaksanakan setiap Hari Sabtu pukul 13.00 di serambi masjid Pasar Potorono.

Sumber: Sekolah Pasar di Pasar Potorono, 2013

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram