Kelas Pasar 4 Sekolah Pasar Cokrokembang

Pertemuan keempat Kelas Pasar Sekolah Pasar Cokrokembang dilaksanakan pada Kamis, 17 Oktober 2012 dengan materi mata rantai distribusi. Materi tersebut disampaikan oleh Puthut Indroyono.

Tujuan dari materi kali ini adalah para pedagang sadar akan mata rantai distribusi yang paling murah dan pedagang berusaha kulakan secara bersama-sama (kolektif) supaya mendapat barang baku atau barang dagangan yang lebih murah.

Pak Puthut memulai materi dengan menyampaikan ilustrasi kulakan dari setiap pedagang. Beliau menerangkan bahwa semakin panjang rantai distribusi maka semakin mahal barang yang dibeli oleh pedagang.

Kemudian Pak Puthut meminta pedagang di Pasar Cokrokembang untuk membuat rantai distribusi dari masing-masing dagangan mereka. Pedagang diberikan kertas dan alat tulis. Kemudian pedagang diminta menuliskan proses mereka mendapatkan barang mulai dari prosuden/pembuat hingga sampai ke tangan pedagang. Selain itu, pedagang juga diminta memperkirakan harga dari setiap tahapan rantai distribusi.

Pedagang terlihat meriah dan antusias dalam mengerjakan pekerjaan tersebut. Kemudian, Pak Puthut mempresentasikan hasil ilustrasi kulakan para pedagang. Terlihat rantai distribusi yang cukup panjang yang terdapat pada beberapa pedagang. Pada akhirnya pedagang menyadari semakin panjang rantai distribusi maka semakin mahal barang yang dibeli oleh pedagang.

Pak Puthut menyarankan supaya para pedagang sebisa mungkin kulakan ke tempat produsen langsung. Namun, pedagang mengeluhkan butuh dana yang besar dan butuh kulakan dalam jumlah besar untuk bisa kulakan di tempat produsen. Kemudian pedagang bertanya bagaimana mengatasi masalah tersebut.

Pak Puthut kemudian menyarankan para pedagang untuk kulakan secara bersama-sama atau kolektif. Untuk melakukan kulakan tersebut koperasi (materi sebelumnya) dapat menjadi jembatan antara pedagang agar mau kulakan secara kolektif. Jadi, koperasi yang ditawarkan kepada pedagang bukan semata koperasi simpan pinjam tapi koperasi yang bergerak di bidang usaha tertentu untuk mendukung usaha pedagang.

Sumber: Sekolah Pasar di Pasar Cokrokembang, 2012

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram