Kelas Pasar 4 Sekolah Pasar Kranggan

Pertemuan keempat Kelas Pasar Sekolah Pasar Kranggan dilaksanakan pada Selasa, 27 Maret 2012. Bu Rina Dwiarti (Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Mercu Buana Yogyakarta) menjadi pemantik diskusi dengan materi penataan barang dan layout kios.

Penataan barang penting dilakukan agar mudah dijangkau baik oleh penjual maupun pembeli sehingga mempermudah dan mempercepat pelayanan. Penataan barang yang baik juga bisa menarik minat pembeli.

Barang bisa dikelompokkan berdasarkan ukuran, jenis barang, harga, atau masa kadaluwarsa. Pisahkan juga antara barang yang berbahaya dengan barang yang tidak berbahaya.

Penataan barang juga bisa menjadi media informasi awal bagi pembeli sehingga pembeli tidak perlu banyak bertanya lagi. Dekatkan juga barang-barang yang saling berkaitan. Taruh sampel barang di depan sehingga kios terlihat memiliki banyak barang. Dengan luasan kios yang sangat terbatas maka peru dibuat sketsa kios dan display sebelum melakukan penataan.

Pada saat menjual bisa juga dibuat tulisan untuk memberi informasi kepada konsumen. Bisa juga dibuat tulisan untuk menarik minat konsumen seperti diskon dan obral.

Para pedagang sangat antusias dengan materi ini. Mereka mendesak agar Sekolah Pasar dapat membantu mereka melakukan perbaikan lay out kios.

Sumber: Sekolah Pasar di Pasar Kranggan, 2012

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram