Klinik Pasar 3 Sekolah Pasar Burung

Sebuah organisasi tentu akan berisikan anggota. Anggota terdiri dari anggota yang sudah terdidik dan terlatih hingga anggota yang benar benar belum terdidik maupun terlatih. Kemajuan organisasi tentu terikat oleh kemajuan dari masing masing anggotanya. Semakin banyak anggota yang pemikiran dan perbuatannya maju akan membuat semakin maju organisasi tersebut.

Hal tersebut juga terjadi pada organisasi koperasi. Kemajuan anggota ditentukan pada proses pendidikan yang dijalani oleh mereka. Proses pendidikan pun bermacam macam bentuknya. Dimulai dari pendidikan yang sangat formal berbentuk sekolah, hingga pendidikan yang sangat informal berbentuk forum forum diskusi dan obrolan warung kopi. Semua itu menuju satu tujuan, perubahan tingkah laku hingga budaya, terdidik dan tidak terdidik. Klinik tentang pendidikan dan pelatihan anggota ini merupakan kegiatan penunjang kelas pendidikan dan pelatihan anggota.

Tujuan dari klinik antara lain:

  • Mencari masukan tentang keperluan pendidikan anggota koperasi berdasarkan masukan dari pengurus dan anggota yang gabung pada awal pembentukan koperasi.
  • Menyusun kurikulum pendidikan anggota dan calon anggota berdasarkan masukan yang ada.
  • Membentuk simbolisasi dan sloganisasi bagi koperasi sebagai salah satu wujud pendidikan.

Klinik kali ini berfungsi memberitahukan kepada anggota koperasi bahwa proses pendidikan adalah sesuatu yang panjang dan banyak macamnya. Selain itu diharapkan anggota koperasi dapat menyusun kurikulum pendidikan bagi anggota yang bergabung paska adanya Sekolah Pasar. Klinik Pasar 3 Sekolah Pasar di Pasar Burung Trenggalek dimulai pada 17 November 2016.

Peserta klinik adalah anggota dan pengurus koperasi. Metode pelaksanaan klinik adalah diskusi dan penyebaran formulir. Wujud akhir dari klinik yang diharapkan adalah adanya masukan kurikulum dari anggota koperasi, jadwal dan teknis pendidikan dan pelatihan anggota koperasi, jadwal dan teknis pendidikan dan pelatihan bagi calon anggota koperasi, pembentukan semboyan bagi koperasi JAS, dan pembentukan simbol atau logo bagi Koperasi JAS di Pasar Burung.

Sumber: Sekolah Pasar di Pasar Burung, 2016

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram